KISI2 UTS PBO dan JAWABAN
1.
apa yang anda ketahui mengenai perancangan?
(menurut masing2)
2.
Apa Fungsi dari UML?
3.
apa yang anda ketahui mengenai
perancangan berorientasi objek?
4.
apa Definisi UML ?
6.
Sebutkan 3 karakter
yang menjadikan UML penting / istimewa!
7.
Berikan definisi dan (gambaran) dari diagram yang diberikan pada semester
ini!
8.
Berikan penjelasan metode tokoh UML!
9.
Sebutkan macam-macam diagram dalam UML!
10. Apa
definisi dari USE CASE?
11. Apa perbedaannya UML sebagai sebuah blueprint dan UML sebagai sketsa?
12. Berikan
penjelasan mengenai gambar dibawah ini.
13. Apa
perbedaannya LOGICAL VIEW DAN USE CASE VIEW?
JAWABAN
1. Perancangan adalah suatu proses yang bertujuan untuk menganalisa , menila
memperbaiki dan menyusun suatu sistem. Baik sistem fisik mau pun non fisik
2. A. Untuk
menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi sistem secara umum, dibuat
dengan use case dan actor
B. Untuk
menggambarkan kegiatan atau proses bisnis yang dilaksanakan secara umum,
dibuat dengan interaction diagrams
C. Untuk
menggambarkan representasi struktur statik sebuah sistem dalam bentuk class
diagrams
D. Untuk
membuat model behavior ”yang menggambarkan kebiasaan atau sifat sebuah sistem”
dengan state transition diagrams
F. Untuk menyatakan arsitektur implementasi fisik menggunakan component and
development diagram, untuk menyampaikan atau memperluas fungsionality dengan
stereotypes.
3. perancangan berorientasi
objek adalah
cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat
menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang
merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas
4. UML (Unified Modeling Language)
adalah
sebuah bahasa yang berdasarkangrafik/gambar untuk memvisualisasi,
menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasiandari sebuah sistem
pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML
tidak
hanyamerupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara
langsungdihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual
Basic, atau bahkandihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented
database
5.
Use case adalah abstraksi
dari interaksi antara system dan actor. Use case bekerja dengancara
mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya
sendiri melaluisebuah cerita bagaimana sebuah system dipaka.
diagram
Activity sering digunakan oleh flowchart.
Diagram ini berhubungan dengan
diagram Statechart. Diagram Statechart berfokus pada obyek
yang dalam suatu proses (atau proses menjadi suatu obyek),
diagram Activity berfokus pada aktifitas-aktifitas
yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal.
Diagram sequence
merupakan salah satu diagram
Interaction yang menjelaskan
bagaimana suatu operasi itu dilakukan; Message (pesan) apayang dikirim dan kapan
pelaksanaannya.
Collaboration diagram
menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapilebih
menekankan pada peran masing-masing objek.
6. Tiga karakter penting UML :
1. Sketsa,
UML berfungsi sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek dari
sistem, sehingga semua anggota memiliki gambaran yang sama tentang sistem yang
dibuat.
2. Blue Print, akan
dapat diketahui informasi detail tentang coding program (forward
engineering) dan menginterpretasikannya kembali ke dalam diagram (reverse
engineering).
3. Bahasa Pemrograman, UML
dapat menterjemahkan diagram yang ada di UML menjadicode program yang siap
untuk dijalankan.
7.
8.
9. Diagram UML
10
macam diagram untuk memodelkan aplikasi berientasi objek:
·
Use Case Diagram untuk
memodelkan proses bisnis.
·
Conceptual Diagram untuk
memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi.
·
Sequence Diagram untuk
memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects.
·
Collaboration Diagram untuk memodelkan
interaksi antar objects.
·
State Diagram untuk
memodelkan perilaku objects di dalam sistem.
·
Activity Diagram untuk memodelkan
perilaku Use Cases dan objects di dalam system.
·
Class Diagram untuk
memodelkan struktur kelas.
·
Object Diagram untuk memodelkan struktur object.
·
Component Diagram untuk memodelkan
komponen object.
·
Deployment Diagram untuk memodelkan
distribusi aplikasi.
10. Use Case
Diagram
untuk memodelkan bisnis proses
berdasarkan perspektif pengguna sistem. Use case diagram terdiri
atas diagram untuk use case dan actor. Actor merepresentasikan orang yang
akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi. Use
case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor. Use case
digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan di dalamnya. Actor yang
melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case.
11. 1. UML sebagai sketsa
UML digambarkan dalam sketsa coretan-coretan dalam kertas atau whitboard secara tidak formal. Biasanya digunakan dalam sesi diskusi tim untuk membahas aspek tertentu dalam tahap analisis dan perancangan.
2. UML sebagai blueprint system
Seperti diagram kelistrikan adalah blueprint dari komponen atau produk yang akan dihasilkan, UML juga bisa menggambarkan blueprint yang identik untuk sebuah system software.
UML digambarkan dalam sketsa coretan-coretan dalam kertas atau whitboard secara tidak formal. Biasanya digunakan dalam sesi diskusi tim untuk membahas aspek tertentu dalam tahap analisis dan perancangan.
2. UML sebagai blueprint system
Seperti diagram kelistrikan adalah blueprint dari komponen atau produk yang akan dihasilkan, UML juga bisa menggambarkan blueprint yang identik untuk sebuah system software.
12.
No comments:
Post a Comment