music

Sunday 25 October 2015


KISI2 UTS PBO dan JAWABAN

1.  apa yang anda ketahui mengenai perancangan? (menurut masing2)
2.  Apa Fungsi dari UML?
3.  apa yang anda ketahui mengenai perancangan berorientasi objek?
4.  apa Definisi UML ?
5.  berikan penjelasan mengenai diagram UML (min 4 diagram)!
6.  Sebutkan 3 karakter yang menjadikan UML penting / istimewa!
7.  Berikan definisi dan (gambaran) dari diagram yang diberikan pada semester ini!
8.  Berikan penjelasan metode tokoh UML!
9.  Sebutkan macam-macam diagram dalam UML!
10.  Apa definisi dari USE CASE?
11.  Apa perbedaannya UML sebagai sebuah blueprint dan UML sebagai sketsa?
12.  Berikan penjelasan mengenai gambar dibawah ini.
13.  Apa perbedaannya LOGICAL VIEW DAN USE CASE VIEW?



JAWABAN

1.     Perancangan adalah suatu proses yang bertujuan untuk menganalisa , menila memperbaiki dan menyusun suatu sistem. Baik sistem fisik mau pun non fisik
2.     A. Untuk menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi sistem secara umum, dibuat dengan use case dan actor
B. Untuk menggambarkan  kegiatan atau proses bisnis yang dilaksanakan secara umum, dibuat  dengan interaction diagrams
C. Untuk menggambarkan representasi struktur statik sebuah sistem dalam bentuk class diagrams
D. Untuk membuat model behavior ”yang menggambarkan kebiasaan atau sifat sebuah sistem” dengan state transition diagrams
F. Untuk menyatakan arsitektur implementasi fisik menggunakan component and development diagram, untuk menyampaikan atau memperluas fungsionality dengan stereotypes.
3.   perancangan berorientasi objek adalah cara baru dalam memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek, yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam satu entitas
4.   UML (Unified Modeling Language)
adalah sebuah bahasa yang berdasarkangrafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifikasikan, membangun, dan pendokumentasiandari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object-Oriented). UML
tidak hanyamerupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsungdihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkandihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database
5.   Use case adalah abstraksi dari interaksi antara system dan actor. Use case bekerja dengancara mendeskripsikan tipe interaksi antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melaluisebuah cerita bagaimana sebuah system dipaka.
          diagram Activity sering digunakan oleh flowchart. Diagram ini berhubungan dengan diagram Statechart. Diagram Statechart berfokus pada obyek yang dalam suatu proses (atau proses menjadi suatu obyek), diagram Activity berfokus pada aktifitas-aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal.
Diagram sequence merupakan salah satu diagram Interaction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi itu dilakukan; Message (pesan) apayang dikirim dan kapan pelaksanaannya.
Collaboration diagram menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapilebih menekankan pada peran masing-masing objek.
6.       Tiga karakter penting UML :
1.      Sketsa, UML berfungsi sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek dari sistem, sehingga semua anggota memiliki gambaran yang sama tentang sistem yang dibuat.
2.      Blue Print, akan dapat diketahui informasi detail tentang coding program (forward engineering) dan menginterpretasikannya kembali ke dalam diagram (reverse engineering).
3.      Bahasa Pemrograman, UML dapat menterjemahkan diagram yang ada di UML menjadicode program yang siap untuk dijalankan.

7.
         






 8.


9.       Diagram UML
10 macam diagram untuk memodelkan aplikasi berientasi objek:
·        Use Case Diagram untuk memodelkan proses bisnis.
·        Conceptual Diagram untuk memodelkan konsep-konsep yang ada di dalam aplikasi.
·        Sequence Diagram untuk memodelkan pengiriman pesan (message) antar objects.
·         Collaboration Diagram untuk memodelkan interaksi antar objects.
·         State Diagram untuk memodelkan perilaku objects di dalam sistem.
·         Activity Diagram untuk memodelkan perilaku Use Cases dan objects di dalam system.
·         Class Diagram untuk memodelkan struktur kelas.
·         Object Diagram untuk memodelkan struktur object.
·         Component Diagram untuk memodelkan komponen object.
·         Deployment Diagram untuk memodelkan distribusi aplikasi.

10.    Use Case Diagram
untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna sistem. Use case diagram terdiri atas diagram untuk use case dan actor. Actor merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi. Use case merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor. Use case digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi dituliskan di dalamnya. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke use case.


11.    1. UML sebagai sketsa
UML digambarkan dalam sketsa coretan-coretan dalam kertas atau whitboard secara tidak formal. Biasanya digunakan dalam sesi diskusi tim untuk membahas aspek tertentu dalam tahap analisis dan perancangan.

2. UML sebagai blueprint system
Seperti diagram kelistrikan adalah blueprint dari komponen atau produk yang akan dihasilkan, UML juga bisa menggambarkan blueprint yang identik untuk sebuah system software.

12.   


No comments:

Post a Comment